Senin, 27 Juni 2011

OPERASI BIBIR SUMBING

Monday, 20 June 2011 04:03
CIBINONG - Sebanyak 50 penderita bibir sumbing yang tersebar di Kabupaten Bogor, dioperasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Aksi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Jadi ke-529 Bogor (HJB).
"Ini wujud kepedulian Dinkes terhadap anak-anak yang menderita bibir sumbing dan langit-langit di Kabupaten Bogor. Kita ingin mereka sembuh," ujar Kadinkes drg Tri Wahyu Harini kepada Radar Bogor, kemarin.
Program itu, terang dr Yayu sapaan akrabnya, dikhususkan untuk membantu masyarakat miskin guna mengatasi penyakit. Karena, sebagian besar penderita bibir sumbing mengalami rasa percaya diri yang rendah saat berinteraksi dengan orang lain. Walaupun, kekurangan itu tak menimbulkan rasa sakit.
"Banyak anak muda yang menderita bibir sumbing malu meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena kekurangan fisik itu. Makanya, kita membantu meningkatkan rasa percaya diri mereka," terangnya.
Sementara itu, Kasi Pelayanan Dasar dan Rujukan (Yandasruj) Dinkes, Agus Fauzi mengatakan, pelaksanaan operasi bibir sum­bing dilakukan tiga hari dari 17 hingga 19 Juni 2011.
Agus menambahkan, sebelum menjalani operasi, para penderita mengikuti proses scannering atau pemeriksaan awal. "Hal ini untuk memastikan tidak ada komplikasi, sehingga operasi bibir sumbing dapat dilaksanakan dan sesuai harapan," tandasnya. (bac)
Sumber : Radar Bogor 20/06/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar